Rabu, 09 Agustus 2017

Tips Membuat Powerbank Rakitan (Batre Laptop Bekas/18650)


Hi Sahabat, tentu kalian telah tidak asing sekali lagi dengan yang namanya Power Bank atau yang umum kita singkat dengan PB kan? Sebuah piranti yang umum kita pakai untuk mencharge piranti dari mulai Gadget, MP3 Portable dan piranti yang lain.

Saat ini banyak mengedar beragam type dan jenis power bank yang ada dipasaran, dari mulai yang memiliki 2500 mAH sampai yang memiliki ukuran jumbo, 40000 mAH yang dapat dipakai untuk mencharge Laptop. Harga yang di tawarkan juga beragam, dari mulai beberapa puluh, beberapa ratus atau bahkan juga juta-an rupiah.

Mengingat keinginan customer akan powerbank selalu jadi bertambah, saat ini banyak juga mengedar powerbank palsu dengan kata lain KW, yang nyatanya sangat laku. Biasanya modus yang dipakai yaitu menempatkan label kemampuan (mAH) yang besar dengan harga sangat murah. Tetapi, masalah kwalitas, harga tidak dapat bohong. Powerbank KW memiliki 25000 mAH kenyataannya hanya dapat buat 2x charge gadget memiliki 1500 mAH. So, dari pada beli powerbank yg tidak terang, tidak ada kelirunya jika kita buat sendiri.

Untuk cara membuat power bank kapasitas besar, sediakan dahulu beberapa bahan di bawah ini

Bahan :
  1. 1 Atau Lebih Batre type 18650/Cell Batre Laptop Sisa/Batre Baru
  2. Modul Input (Untuk mencharge batre 18650)
  3. Modul Output (Untuk mencharge gadget)
  4. Saklar
  5. Kabel
  6. Tenol (Timah) 
Alat :
  1. Pisau
  2. Gunting
  3. Solder
  4. Isolasi 

Untuk merangkainya, silakan sahabat ikutin rangkaian berikut ini :

Rangkaian 2 Batre


Rangkaian 4 Batre


Contoh powerbank yang saya rakit memakai casing sisa wadah modem, silakan berimproviasasi untuk buat casingnya



Karena saat ini ada inovasi baru pada cara membuat powerbank dari charger hp, maka saya akan mengapdet tulisan ini. Dengan terdapatnya modul 2 in 1 (Step UP dan Charge) maka akan makin mengecilkan biaya pembuatan sekaligus meringkas skema elektronik perakitan pb.

Pada modul ini, kita hanya memerlukan 1 buah karena telah adalah gabungan dari 2 modul. untuk gambarnya, saksikan gambar.



(Modul 3 in 1 Dual Output)

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar